RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Perkuat Layanan dengan Hadirkan Instalasi Peduli Pelanggan (IPP)

oleh
oleh
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

SAMAIRA.CO.ID, SUMENEP-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu terobosan terbaru yang kini dihadirkan adalah Instalasi Peduli Pelanggan (IPP), sebuah unit pelayanan yang dirancang sebagai pusat informasi dan pengaduan terpadu.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati, menjelaskan bahwa IPP menjadi jembatan komunikasi dua arah antara pihak rumah sakit dengan pasien maupun keluarga. Kehadiran fasilitas ini diharapkan mampu mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih cepat, transparan, dan profesional.

“IPP dirancang sebagai pusat informasi dan pengaduan terpadu yang mengedepankan kecepatan respons serta kenyamanan pasien. Semua masukan akan kami tindak lanjuti secara serius dan terstruktur,” ujar dr. Erliyati.

Menurutnya, IPP merupakan bagian dari transformasi pelayanan rumah sakit menuju sistem yang lebih modern, efektif, dan terintegrasi.

“Transformasi ini kami lakukan demi meningkatkan kepuasan sekaligus membangun kepercayaan masyarakat. IPP adalah awal dari langkah besar menuju pelayanan rumah sakit yang lebih modern dan terintegrasi,” tambahnya.

Tidak hanya itu, sistem IPP juga telah terkoneksi langsung dengan BPJS Kesehatan, sehingga proses administrasi pasien dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Integrasi ini sekaligus diharapkan mampu mengurangi hambatan birokrasi yang selama ini sering menjadi keluhan masyarakat.
Tugas Instalasi Peduli Pelanggan (IPP) RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep
Instalasi Peduli Pelanggan memiliki sejumlah tugas penting dalam mendukung peningkatan mutu layanan rumah sakit, yakni:
Mengelola, menangani, dan mengoordinasikan keluhan pelanggan agar dapat diselesaikan secara cepat dan tepat.

Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Survei Kepuasan Pelanggan secara berkala serta menyusun rencana tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas layanan.

Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit secara periodik untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap layanan kesehatan.
Dengan hadirnya IPP, RSUD dr. H. Moh. Anwar menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan pelayanan kesehatan yang humanis, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.