DAMAIRA.CO.ID, SUMENEP-Sejak dipimpin oleh dr. Erliyati, RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep terus menunjukkan komitmen kuat dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Berbagai inovasi layanan pun dihadirkan demi memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien.
Salah satu layanan unggulan yang diimplementasikan adalah Meja Konsultasi Mobile JKN (MJKN) yang mulai diterapkan sejak 9 Desember 2024. Layanan ini terbukti sangat membantu masyarakat, khususnya dalam proses pendaftaran ke Poliklinik.
“Meja konsultasi MJKN ini hadir sebagai bentuk komitmen kami dalam memberikan kemudahan kepada pasien,” ujar Kasi Informasi RSUD dr. Moh Anwar Sumenep, Erfin Sukayati.
Erfin menjelaskan bahwa implementasi MJKN merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan BPJS Kesehatan yang mewajibkan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN. Namun, menyadari bahwa tidak semua masyarakat familiar dengan teknologi tersebut, RSUD menghadirkan meja konsultasi untuk memberikan pendampingan langsung kepada pasien.
Tak hanya itu, RSUD dr. H Moh Anwar juga telah sejak lama mengoperasikan Instalasi Peduli Pelanggan (IPP) yang berlokasi di sebelah timur IGD atau di samping pos keamanan pintu masuk rawat inap. IPP hadir sebagai pusat layanan untuk membantu pasien menyelesaikan berbagai kendala yang mungkin dihadapi selama mendapatkan pelayanan di rumah sakit.
“Pasien tidak perlu repot meminta bantuan ke orang lain. Cukup datang ke IPP, semua masalah akan dilayani dan dibantu hingga tuntas,” tegas Erfin.
Keunggulan IPP semakin lengkap karena telah terintegrasi dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan ditangani oleh petugas yang tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini memberikan jaminan kualitas layanan bagi pasien peserta JKN-KIS maupun program UHC.
Menariknya lagi, layanan IPP tidak hanya tersedia di jam kantor. Pasien juga dapat mengakses layanan IPP melalui sambungan telepon yang tersedia di setiap unit pelayanan.
“Semua kebutuhan informasi dan bantuan sudah bisa dilayani melalui IPP,” pungkas Erfin.
Kehadiran layanan-layanan ini menjadi bukti nyata keseriusan RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di bawah kepemimpinan dr. Erliyati, mewujudkan rumah sakit yang ramah, responsif, dan berorientasi pada kepuasan pasien.